Senin, 14 Mei 2012

Java 1


1. IfGUI
import javax.swing.JOptionPane;
class IfGUI
{
     public static void main(String[] args)
     {
           int nilai;
           String keterangan;

keterangan=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nilai Anda :");
           nilai=Integer.parseInt(keterangan);

           if (nilai>=65)
                {keterangan ="lulus";}
           else
                {keterangan ="gagal";}

           {
                JOptionPane.showMessageDialog(null,"Anda                             :"+keterangan);
                JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nilai Anda                       :"+nilai);
          
           System.out.println("Anda        :"+keterangan);
           System.out.println("Nilai Anda  :"+nilai);
           }
     }
}

 2. IfSatuKondisi

class IfSatuKondisi
{
     public static void main(String[] args)
     {
           int a;
           a=10;

           if (a>5)
           {
                System.out.println("Selamat!!! Anda berhasil");
           }
                System.out.println("*PROSES SELESAI*");

     }
}




3. IfTunggal
import java.io.*;

class IfTunggal
{
     public static void main(String[] args)
     {
           DataInputStream amik = new DataInputStream (System.in);

           try
           {
                System.out.print("Ketik Sebuah Bilangan : ");

                String input = amik.readLine ();
                int angka = Integer.parseInt (input);

                if (angka >= 11)
                {
System.out.println("\nAnda menginputkan Angka "+angka);
                }
           }
           catch (Exception e)
           {
                System.out.println("\nTerjadi error");
           }
                System.out.println("\nProses selesai");
     }
}


4. InputDialog
import javax.swing.JOptionPane; //pemanggilan paket swing dg kelas JOptionPane
class InputDialog
{
     public static void main(String[] args)
     {
           do
           {
                String nama; //pengenalan variabel dg tipe data string

nama = JOptionPane.showInputDialog("Nama Lengkap : Maiki Sri Rahayu");
                JOptionPane.showMessageDialog(null," Nama "+nama);

                System.out.println("Nama Lengkap : " +nama);
           }
           while (JOptionPane.showConfirmDialog(null, "Yakin anda akan mengulang?")==JOptionPane.YES_NO_OPTION);
     }
}


5. InputDialog
import javax.swing.JOptionPane; //pemanggilan paket swing dg kelas JOptionPane

class InputDialog
{
     public static void main(String[] args)
     {
           do
           {
String nama,alamat,tmpt_lahir,tgl_lahir; //pengenalan variabel dg tipe data string

                nama = JOptionPane.showInputDialog("Nama Lengkap : ");
                alamat = JOptionPane.showInputDialog("Alamat : ");
                tmpt_lahir = JOptionPane.showInputDialog("Tempat Lahir : ");
                tgl_lahir = JOptionPane.showInputDialog("Tanggal Lahir : ");

                JOptionPane.showMessageDialog(null," Nama "+nama);
                JOptionPane.showMessageDialog(null," Alamat "+alamat);
JOptionPane.showMessageDialog(null," Tempat Lahir "+tmpt_lahir);
JOptionPane.showMessageDialog(null," Tanggal Lahir "+tgl_lahir);

                System.out.println("Nama Lengkap : " +nama);
                System.out.println("Alamat : " +alamat);
                System.out.println("Tempat Lahir : " +tmpt_lahir);
                System.out.println("Tanggal Lahir : " +tgl_lahir);
           }
           while (JOptionPane.showConfirmDialog(null, "Yakin anda akan mengulang?")==JOptionPane.YES_NO_OPTION);
          
     }
}







 6. MencariLuasdanKelilingLingkaran

class MencariLuasdanKelilingLingkaran
{
     public static void main(String[] args)
     {
           int jarijari= 14; // Pengenalan variabel jari-jari
int phi = 22/7,luas,keliling; // pengenalan variabel phi,luas,dan keliling

luas=phi * jarijari * jarijari;      //rumus mencari luas lingkaran
           keliling=2 * phi * jarijari; //rumus keliling lingkaran

           System.out.println("Jadi luas lingkaran adalah = " + luas);
System.out.println("Jadi keliling lingkaran adalah = " + keliling);

     }
}


7. MencariLuasdanKelilingPersegiPanjang
 
class MencariLuasdanKelilingPersegiPanjang
{
     public static void main(String[] args)
     {
           int panjang=10; // Pengenalan variabel panjang
int lebar=5,luas,keliling; // pengenalan variabel lebar,luas,dan keliling

luas=panjang * lebar;      //rumus mencari luas persegi panjang
keliling=(panjang+lebar)* 2; //rumus keliling persegi panjang

System.out.println("Jadi luas persegi panjang adalah = " + luas);
System.out.println("Jadi keliling persegi panjang adalah = " + keliling);

     }
}





8. MencariLuasSegitiga

class MencariLuasSegitiga
{
     public static void main(String[] args)
     {
           double alas=16; // Pengenalan variabel alas
           double tinggi=14;
           double luas; // pengenalan variabel tinggi,dan luas

luas = 0.5 * alas * tinggi;          //rumus mencari luas segitiga
          
           System.out.println("Jadi luas segitiga adalah = " + luas);
          
     }
}

9. Penjumlahan
 
class Penjumlahan
{
     public static void main(String[] args)
     {
int a=101; // pengenalan variabel a dengan tipe data integer
int b=201,c; //pengenalan variabel b dan c dengan tipe data integer
          
           c = a + b;

           System.out.println("Nilai c adalah = " + c);
     }
}


10. ChardanPenambahanOtomatis
 
public class ChardanPenambahanOtomatis
{
     public static void main(String[] args)
     {
           char huruf='A';
           System.out.println(huruf);

           huruf+=1;
          
           System.out.println(huruf);

           huruf+=24;

           System.out.println(huruf);
     }
}


11. ChardanPenambahanOtomatisangka
 
public class ChardanPenambahanOtomatisangka
{
     public static void main(String[] args)
     {
           long angka=2;

           System.out.println(angka);

           angka+=2;
          
           System.out.println(angka);

           angka+=20;

           System.out.println(angka);

           angka+=20;

           System.out.println(angka);
     }
}



12. TipeData
 
/*Program Menampilkan Batas Atas dan Batas Bawah Type Data*/

public class TipeData
{
    public static void main(String[] args)
    {
           byte MaxByte=Byte.MAX_VALUE;
           byte MinByte=Byte.MIN_VALUE;
           int MaxInt=Integer.MAX_VALUE;
           int MinInt=Integer.MIN_VALUE;
           float MaxFloat=Float.MAX_VALUE;
           float MinFloat=Float.MIN_VALUE;
           double MaxDouble=Double.MAX_VALUE;
           double MinDouble=Double.MIN_VALUE;
           long MaxLong=Long.MAX_VALUE;
           long MinLong=Long.MIN_VALUE;
           short MaxShort=Short.MAX_VALUE;
           short MinShort=Short.MIN_VALUE;

System.out.println("Nilai maksimal type data Byte : "+MaxByte);
System.out.println("Nilai minimal type data Byte : "+MinByte);

System.out.println("Nilai maksimal type data Integer : "+MaxInt);
System.out.println("Nilai minimal type data Integer : "+MinInt);
          
System.out.println("Nilai minimal type data Float : "+MaxFloat);
System.out.println("Nilai minimal type data Float : "+MinFloat);

System.out.println("Nilai minimal type data Double : "+MaxDouble);
System.out.println("Nilai minimal type data Double : "+MinDouble);

System.out.println("Nilai minimal type data Long : "+MaxLong);
System.out.println("Nilai minimal type data Long : "+MinLong);

System.out.println("Nilai minimal type data Short : "+MaxShort);
System.out.println("Nilai minimal type data Short : "+MinShort);

           boolean aBool = true;
           char Huruf='S';
           if(Character.isUpperCase(Huruf))
           System.out.println(Huruf +" Benar ");
           else
           System.out.println(Huruf +" Salah ");

    }
}









Tidak ada komentar:

Posting Komentar